Senin, 08 Oktober 2012

SOSIALISASI PEMILUKADA DKI

Sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, BKOW senantiasa mendukung program kerja yang sedang digulirkan mitra kerjanya tersebut. Ketika Pemprov DKI Jakarta sedang gencarnya-gencarnya mempersiapkan diri menyelenggarakan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur, atau yang biasa disebut Pemilukada, beberapa waktu lalu, BKOW pun ikut serta menyosialisasikan kegiatan yang melibat seluruh warga Jakarta itu.
Sosialisasi Pemilukada ini dilangsungkan di Auditorium Gedung Nyi Ageng Serang Kav. C Kuningan Jakarta Selatan, dan diikuti oleh sekitar 150 orang peserta yang datang dari 5 (lima) wilayah Jakarta. 

"Kegiatan ini merupakan penjabaran dari visi  BKOW Provinsi DKI Jakarta yaitu terwujudnya harkat dan martabat perempuan yang mampu berpartisipasi dalam pembangunan di Provinsi DKI Jakarta demi tercapainya kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua Umum BKOW Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti Endang Prijanto.

Pemilukada Provinsi DKI Jakarta merupakan pesta rakyat  sebagai proses pergantian kepemimpinan. Dikatakan pesta rakyat, karena pada masa pemilihan tersebut rakyat, dalam hal ini penduduk Ibu Kota Provinsi DKI Jakarta, turut menentukan masa depan untuk kurun lima tahun mendatang. Oleh karena itu dibutuhkan partisipasi aktif dan kesadaran politik dari seluruh penduduk Provinsi DKI Jakarta baik laki-laki maupun perempuan agar kualitas Pemilukada Provinsi DKI Jakarta menjadi lebih baik, yaitu pemilihan yang dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur serta adil. 

Untuk mencapai kondisi tersebut, maka pendidikan untuk pemilih  harus senantiasa digalakkan guna menghasilkan pemilih-pemilih yang cerdas, yaitu pemilih yang sadar akan pentingnya kualitas demokrasi demi perbaikan nasib bangsa ke depan, terutama di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Memilih secara cerdas berarti memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang ditawarkan oleh partai-partai politik atau perorangan secara tepat. Pertimbangannya obyektif-kualitatif, bukan subyektif-primordial. Rasionalitas mengedepan, karena pemilih cerdas adalah pemilih yang berpikir dan benar-benar mempertimbangan konsekuensi atas pilihannya dan benar-benar sadar dengan pilihannya, tanpa adanya tekanan dari manapun.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta  pada bulan November 2011 menyebutkan, bahwa penduduk perempuan Provinsi DKI Jakarta berjumlah 4.932.876 jiwa dari total seluruh penduduk Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 10.183.498 jiwa. Data tersebut menunjukkan bahwa separuh dari penduduk Provinsi DKI Jakarta adalah kaum perempuan. Hal ini berarti, suara kaum perempuan sangat menentukan hasil perolehan jumlah suara dalam Pemilukada di Provinsi DKI Jakarta.   

Dengan demikian kaum perempuan sangat berpengaruh dan menentukan masa depan Ibu Kota Provinsi DKI Jakarta. Kaum perempuan harus menjadi pemilih yang cerdas. Menyadari akan hal ini, BKOW Provinsi DKI Jakarta sebagai wadah organisasi perempuan di Provinsi DKI Jakarta, menyelenggarakan  kegiatan sosialisasi ini dengan harapan melalui organisasi masing-masing anggota BKOW dapat meneruskan  dan mensosialisasikan pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta kepada masyarakat luas, terutama kaum perempuan sehingga  penyelenggaraan pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2012 berkualitas,  karena para pemilihnya cerdas . 

Dalam melaksanakan kegiatan ini, BKOW bekerja sama dengan KPUD Provinsi DKI Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar