Senin, 08 Oktober 2012

KEGIATAN DONOR DARAH

Sebuah tema menarik yang terpampang di spanduk ini, mewarnai kegiatan Lomba Donor Darah yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun BKOW Provinsi DKI Jakarta yang ke-58 tahun, pada tanggal 8 Maret 2012 di Gedung Wanita BKOW Jl. Radin Inten II Duren Sawit Jakarta Timur.

Memang setiap tahunnya menjelang hari jadinya BKOW Provinsi DKI Jakarta tak pernah absen menyelenggarakan serangkaian acara sosial yang melibatkan masyarakat luas dan memiliki dampak kemanusiaan. Salah satunya, tentu saja donor darah. Aksi donor darah ini bisa dibilang merupakan kegiatan penting, karena selain mulia, darah juga dapat menyelamatkan jiwa seseorang.

Sebanyak 1220 peserta yang berasal dari organisasi anggota BKOW turut ambil bagian dalam lomba ini. Menurut catatan panitia, dari jumlah perserta tersebut telah dihasilkan sebanyak 687 kantong darah, sebuah pencapaian yang luar biasa. “Sungguh merupakan kepedulian kemanusiaan yang sangat besar nilainya, mengingat saat ini stok darah sangat dibutuhkan keberadaannya,” ujar Rini Sutiyoso, Ketua Palang Merah Provinsi DKI Jakarta.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Lomba Donor Darah memang selalu dibanjiri peserta. Sejumlah organisasi anggota BKOW pun dengan antusias mengirimkan wakil-wakilnya untuk mengikuti acara ini.

“Saya sudah tiga kali mengikuti acara seperti ini di tempat ini,” kata Ibu Wati, seorang  peserta. Manurut dia, keikutsertaannya menjadi peserta donor darah bukan karena motivasi menjadi juara. “Yang pertama bagi saya adalah untuk menjaga kesehatan; dan yang kedua, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” imbuhnya.

Sebagai gerakan sosial alias sukarela, donor darah seyogyanya tidak tepat dijadikan ajang kompetisi. Namun untuk memberi motivasi dan menggalakkan pekerjaan mulia, rasanya hal itu menjadi sah-sah saja. Apalagi ini melibatkan jumlah pendonor yang angkanya mencapai ribuah orang!

Sebagaimana diketahui bersama, darah merupakan anugerah atau pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa, yang patut disyukuri karena dapat membantu metabolisma tubuh dan membantu berfungsinya seluruh organ tubuh agar manusia dapat beraktivitas dengan baik. Selain itu, tentu masih banyak manfaat lainnya bagi ketahanan tubuh manusia.
Meski zaman semakin maju dan teknologi kian canggih, sampai saat ini belum ada yang mampu menciptakan atau memproduksi darah. Semuanya masih sangat tergantung dari darah manusia.   

Lomba Donor Darah ini terselenggara atas kerja sama BKOW Provinsi DKI Jakarta dengan PMI Provinsi DKI Jakarta dan United Tracktors Tbk. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, lomba donor darah ini memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Privinsi DKI Jakarta. Organisasi Bhayangkari DKI Jakarta yang mengirimkan jumlah peserta paling banyak keluar sebagai juara umum, disusul oleh Persit Kartika Chandra Kusuma yang keluar sebagai juara keduat  (Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar